17 Juni 2013

Cara Mengatasi Gangguan Insomnia atau Susah Tidur


Insomnia Images

SitusTopInfo - Insomnia adalah suatu gangguan tidur yang dialami oleh penderita dengan gejala-gejala selalu merasa letih dan lelah sepanjang hari dan secara terus menerus (lebih dari sepuluh hari) mengalami kesulitan untuk tidur atau selalu terbangun di tengah malam dan tidak dapat kembali tidur. Seringkali penderita terbangun lebih cepat dari yang di inginkannya dan tidak dapat kembali tidur. Cukup banyak orang yang mengalami satu dari ketiga jenis gangguan tidur ini. Dalam penelitiannya dilaporkan bahwa sekitar 15 persen dari total populasi mengalami gangguan insomnia yang cukup serius.

Insomnia ada tiga (3) jenis:
1. Jenis transient (artinya cepat berlalu), oleh karena itu insomnia jenis ini hanya terjadi beberapa malam saja.
2. Jenis Jangka pendek. Jenis dapat belangsung sampai beberapa minggu dan biasanya akan kembali seperti biasa.
3. Jenis kronis (atau parah) gangguan tidak dapat tidur berlangsung le bih dari 3 minggu.
Penyebab Insomnia :
1. Faktor Psikologi :
Stres yang berkepanjangan paling sering menjadi penyababdari Insomnia jenis kronis, sedangkan berita-berita buruk gagal rencana dapat menjadi penyebab insonia transient.
2. Problem Psikiatri
Depresi paling sering ditemukan. Kamu bangun lebih pagi dari biasanya yang tidak kamu ingini, adalah gejala paling umum dari awal depresi ,Cemas ,Neorosa, dan gangguan psikologi lainnya sering menjadi penyebab dari gangguan tidur.
3. Sakit Fisik
Sesak nafas pada orang yang terserang asma, sinus, flu sehingga hidung yang tersumbat dapat merupakan penyebab gangguan tidur. Selama penyebab fisik atau sakit fisik tersebut belum dapat di tanggulangi dengan baik,gangguan tidur atau sulit tidur akan tetap dapat terjadi.
4. Faktor Lingkungan
Lingkungan yang bising seperti lingkungan lintasan pesawat jet, lintasan kereta api, pabrik atau bahkan TV tetangga dapat menjadi faktor penyebab susah tidur.
5. Gaya Hidup
Alkohol , rokok, kopi, obat penurun berat badan, jam kerja yang tidak teratur, juga dapat menjadi faktor penyebab sulit tidur.

Kiat atau Cara mengatasi insomnia ialah:
1. berolah raga,paling sedikit dua atau tiga kali seminggu.
2. Biasakan diri tidur pada waktu yang tetap setiap malam,begitu pula saat bangun pagi.
3. Makan atau minumlah sesuatu ,tetapi jangan minuman keras,sebelum kita tidur.
4. Usahakan agar ruangan tidur anda sangat gelap.
5. mendengar musik-musik ringan saat hendak tidur.
6. jangan melihat jam lagi,apabila sudah masuk ue tempat tidur.dengan begitu kita merasa masih punya banyak waktu untuk tidur dan merasa rileks.
7. yakinkan diri sendiri bahwa anda akan merasa segar keesok harinya,dan tidak peduli bisa tidur lama atau tidak
8. " yang paling terpenting janganlah masalah insomaniaini dijadikan pikiran,jalani hidup kita seperti biasanya"
9. jauhi makanan pemicunya.kafein dalam kopi dan coklat juga merupakan salah satu pemicunya walau sedikit karena dapat membuat terus terjaga.
10. konsumsi makanan yang lebih ringan sebab jika perutyang terlalu kenyang dapat menyebabkan anda terjaga dari tidur.
11. jangan juga anda tidur dalam keadaan perut kosong.hindari makanan pedas atau bergas tinggi.jangan meminum alkhol terlebih ditengah malam.
12. Kurangi suara yang tidak menyenangkan, kurangi cahaya yang tidak diperlukan
13. angan tidur pada saat kondisi sedang lapar, hal ini dapat membuat terbangun nantinya hanya karena ingin mencari makanan.
14. Percayakanlah waktu bangun pada alarm jam.Dengan sering melihat jam dikamar akan mempengaruhi reaksi emosi.
15. Hilangkan segala kecemasan, pikiran tentang rencana besok, pikiran tentang tugas yang belum selesai.

2 komentar: on "Cara Mengatasi Gangguan Insomnia atau Susah Tidur"

Poskan Komentar

Apa Komentar Anda?