14 Juli 2013

Tips Memilih Softlens (Lensa Mata) Aman Bagi Kesehatan

SitusTopInfo - Softlens adalah sebuah lensa mata yang sebenarnya di gunakan khusus untuk orang yang mengalami masalah dengan matanya. Manfaat softlens sendiri adalah agar lebih simpel dan praktis bagi pengguna tanpa harus menggunakan alat bantu lain lagi seperti kaca mata.

Seiring berjalannya waktu softlens ternyata tidak hanya digunakan oleh orang - orang yang mengalami gangguan mata saja, ternyata softlens banyak juga digunakan oleh banyak orang dengan alasan tertentu, salah satunya untuk menambah keunikan dan gaya pada diri sehingga terlihat lebih cantik.

Dalam memlih softlens tentunya harus berhati-hati, karena bisa saja masalah mata yang datang bukan gaya yang di dapat. Oleh sebab itu hal apa saja yang perlu di perhatikan dalam memilih dan menggunakan alat bantu mata(softlens)!

1. Warna Softlens
Untuk Anda yang mempunyai warna lensa mata satu warna saja, Anda dapat menggunakan warna softlens yang berwarna. Tetapi untuk Anda yang ingin menggunakan softlens hanya karena alasan kesehatan ataupun malas menggunakan kacara mata, Anda dapat menggunakan warna softlens yang natural seperti hitam, coklat. Untuk penderita mata minus sebaiknya menggunakan softlens warna bening atau transparan.

2. Tingkat Kadar Air dan Ketipisan
Ketika Anda memutuskan menggunkan softlens untuk digunakan sehari-hari, yang pertama Anda perlu ketahui adalah tingkat kadar air dan ketipisannya. Setiap softlens yang berbeda merk maka softlens itu akan berbeda pula kadar air serta ketipisannya. Semakin tinggi kadar air dan ketipisan suatu softlens, maka akan semakin nyaman pula ketika digunakan pada mata Anda.

3. Diameter Dari Softlens
Penting dalam memilih suatu softlens harus memperhatikan diameter softlens itu sendiri. Untuk Anda yang hendak memiliki tampilan bola mata penuh atau besar, Anda dapat memilih softlens yang mempunyai diameter besar. Tetapi untuk seseorang yang memiliki bola mata kecil akan lebih baik tidak memilih softlens yang mempunyai diameter terlalu besar. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman ketika digunakan. Alangkah lebih baiknya menggunakan softlens yang memiliki diameter sedang saja.

4. Sesuaikan dengan Minus Mata
Jika Anda memakai soflen untuk alasan kesehatan seperti bagi seseorang penderita minus. Maka sesuaikanlah terlebih dahulu dengan minus mata yang dimiliki. Jangan sampai memilih softlens yang minusnya terlalu tinggi atau rendah dengan keadaan minus mata yang dimiliki.

5. Cek Kaduluarsa
Sebelum Anda membeli softlens sebaiknya mengecek tanggal kaduluarsa softlens tersebut. Penggunaan softlens yang kaduluarsa dapat menimbulkan mata perih merah bahkan dapat lebih parah lagi seperti kerusakan selaput mata.

6. Kualitas Softlens
Jika Anda membeli softlens jangan terpaku dengan harga karena suatu softlens yang harganya mahal pun belum tentu memilili kualitas yang baik. Terlebih lagi dengan harga murah atau disajikan dengan bentuk promo atau paket. Sebelum Anda membeli softlens alangkah baiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter mata.

0 komentar: on "Tips Memilih Softlens (Lensa Mata) Aman Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Apa Komentar Anda?