20 Juni 2014

Tatacara Berternak Ayam Broiler (pedaging) Yang Benar



SitusTopInfo - Ayam Broiler atau kebanyakan orang menyebutnya Ayam Sayur atau Ayam Ras adalah salah satu ayam yang dapat tumbuh besar lebih cepat. Untuk budi daya ayam broiler banyak sekali metode-metode yang telah di terapkan oleh para pedaging agar hasil ternak mereka dapat mencapai hasil yang maksimal, dan dari berbagai metode-metode yang pernah saya ketahui saya mencoba merangkumnya dalam satu ulasan.
Didalam berternak ayam tentunya tidak ada orang yang lihei atau jago, semuanya belajar. Namun disini kita akan belajar untuk berternak ayam dengan baik dan benar agar hasil yang kita peroleh dapat maksimal. Nah untuk itu berikut adalah rangkuman-rangkuman tatacara budi daya ayam broiler.

1. Persiapan kandang sebelum DOC datang
a. Cat kandang dengan warna putih
b. Semprot pakai racun misalnya formalin agar hama yang ada dalam kandang hilang/mati
c. Siapkan liter / sekam untuk di tabur
d. Siapkan pemanas buatan yang berpungsi sebagai induk DOC (anak ayam)

e. Siapkan juga plastik yang berpungsi untuk penutup dinding luar dan dalam.

2. Persiapan DOC datang
a. DOC biasanya tiba di kandang pada malam hari atau pagi hari, dan persiapan yang harus dilakukan adalah menyiapkan feed chick (baki) / baby chick untuk tempat pakan anak ayam.

b. Siapkan juga tempat minumnya yang berukuran kecil biasanya berbentuk galon dengan kapasitas 2.5 liter.
c. Kemudian masak air 500cc di tambar gula putih minimal 5%, jika sudah panas campur lagi dengan air putih secukupnya dan kemudian tuangkan pada masing-masing galon.

3. Panduan setelah DOC tiba
a. Jika DOC sudah di tebar, sebaiknya diamkan dulu jangan di kasih makan maksimal 3jam agar anak ayam dapat beradaptasi. Tapi untuk air gula sebaiknya langsung di tuang saja dan di berikan pada DOC.
b. Setelah kurang lebih 3jam berikan pakan sedikit demi sedikit saja, agar pakan yang diberikan tidak banyak terbuang oleh cakaran anak ayam. Untuk pemberian makan sebaiknya lakukan sesering mungkin.
Pemberian Pakan
Umur 1 - 4 hari 8 kali
Umur 5 - 8 hari 6 kali
Umur 9 - 12 hari 3 kali
Umur 15 - panen sekali
Nah itulah panduan cara ternak ayam broiler yang baik dan benar, semoga panduan ini dapat membantu anda dalam mengawali usaha ternak anda. Terima kasih dan semoga sukses.

0 komentar: on "Tatacara Berternak Ayam Broiler (pedaging) Yang Benar"

Poskan Komentar

Apa Komentar Anda?