15 April 2013

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Secara Alami

SitusTopInfo - Jerawat pada umumnya sering kali timbul pada orang yang sedang meranjak usia dewasa atau pada masa remaja, jerwat yang timbul pada masa remaja memang bersifat sementara dan akan menghilang dengan sendirinya ketika usia dewas.
Lain halnya dengan jerawat yang timbul pada orang dewasa, jerawat tersebut mungkin saja akan sulit dihilangkannya. Mengapa demikian? Karena jerawat yang timbul pada orang dewasa bukan lagi disebabkan oleh faktor perubahan usia melainkan faktor salah satunya adalah darah kotor ataupun faktor-faktor lainnya yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Semua masalah tentu anda solusi terbaiknya !
Bila jerawat anda ingin hilang tanpa resiko dan tanpa mengeluarkan biasa besar, anda bisa coba praktekan sendiri beberapa tips menghilankan jerawat berikut ini.

Cuci Muka Dengan Pembersih

Kulit wajah yang berminyak atau wajah yang mempunyai kecenderungan muncul jerawat harus dibersihkan dua kali sehari. Sangat dianjurkan mencuci muka dengan pembersih yang PH-nya sedikit asam untuk menjaga kebersihan wajah yang berjerawat.

Cuci Muka dengan Air Seduhan Daun Sirih

Air seduhan 7-10 lembar daun sirih (Piper betle) mujarab untuk mematikan bakteri yang menyebabkan jerawat sehinggadapat digunakan untuk mencucimuka sebanyak dua atau tiga kali sehari.

Cuci Muka dengan Air Es

Menurut pengalaman beberapa orang, membasuh wajah dengan air es juga dapat mengurangi timbulnya jerawat. Hal ini dipercaya dapat mengurangi minyak pada wajah.

Uapan Daun Teh

Wajah berjerawat juga lebih segar jika diuapi dengan seduhan satu bungkus daun teh. Sebungkus kecil daun teh yang diseduh dengan air panas, lalu uapkan pada wajah yang berjerawat.

Potongan Kentang

Kentang (Potato solanum tuberosum) juga dapat dikompreskan pada jerawat. Kentang yang diiris tipis-tipis ditempelkan pada kulit yang meradang karena jerawat hingga warna kentang keabu-abuan dan kering.

Masker Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) yang ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit airgaram juga dapat digunakan untuk membersihkan wajah berjerawat. Menurut beberapa ahli kulit, belimbing wuluh bersifat sejuk, dan berkhasiat sebagai antiradang dan astrigen (memperkecil pori-pori kulit wajah).

Masker Mengkudu

Sementara buah mengkudu dapat dimanfaatkan sebagai masker pemulus wajah. Maskermengkudu gak cuma mengatasijerawat, panu, kulit yang keriput dan kering pun hilang lenyap, otot-otot muka menjadi lebih relaks.

Masker Jeruk Nipis dan Tomat

Bisa juga dengan adonan masker Jeruk nipis (Citrus aurantium) yang dioleskan ke wajah pada malam hari sebelum tidur dan baru dibersihkan pada pagi harinya. Dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Hal yang sama juga dapat dilakukan dengan buah tomat (Solanum lycopersicum).

Masker Temulawak

Masker lain yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat adalah masker temulawak (Curcuma xanthorizza). Kompres wajah dengan air es setelah menggunakan masker temulawak akan membantu meningkatkan hasilnya.

Masker Jagung Muda dan Bengkoang

Sedangkan untuk menghilangkan flek-flek hitam di wajah bekas jerawat dapat menggunakan masker jagung (Zea mays) muda atau bengkoang. Parutan jagung muda atau bengkoang dioleskan ke bagian-bagian yang hitam lalu diamkan sampai mengering.


12 komentar: on "Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Secara Alami"

Poskan Komentar

Apa Komentar Anda?