16 Juli 2013

Resep Makanan Kue Bingka Ubi

BAHAN :
- 800 gr ubi kayu parut, diambil dari 1 kg ubikayu (singkong)
- 220 gr gula pasir
- 300 ml santan (dari 1 buah kelapa, parut, peras santannya kemudian dimasak baru diambil santannya sebanyak 300 ml)
- 4 butir telur, 3 butir diambil kuningnya saja,kocok lepas
- Minyak sayur atau margarin secukupnya
- Garam secukupnya - Esens vanili secukupnya
- Pewarna kuning makanan

CARA MEMBUAT :
  • Siapkan ubi kayu, kupas kulitnya, cuci sampai bersih, kemudian dipotong-potong. Setelah itu, parut, buang serat kasar di bagian tengah singkong. Timbang untuk diambil 800 gr. (Jika mengalami kesulitan dalam memarut ubi kayunya, bisa dihaluskan dengan menggunakan blender)

  • Saring dan peras singkong parut pada saringan yang berlubang halus. Letakkan air perasannya dalam mangkok kecil, dan sisihkan singkong parut.

  • Diamkan air perasan singkong selama 10-15 menit dan perlahan-lahan buang air pada bagian permukaannya, sehingga yangtersisa mengendap hanya pati singkong di bagian bawah mangkok. Air perasan singkong ini dibuang agar tidak menimbulkan rasa pahit pada kue.

  • Campurkan singkong, pati, gula, santan, telur kocok, garam, vanili dan pewarna dalam satu wadah sampai berbentuk adonan.

  • Olesi loyang bundar atau persegi 16 cm dengan minyak sayur atau margarin. Tuangkan adonan, ratakan permukaan dengan sendok, lalu panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 180°C selama +/- 45 menit - 1 jam sampai permukaan kue berwarna coklat keemasan/kekuningan.

  • Dinginkan. Potong kue sesuai selera, dan sajikan.

0 komentar: on "Resep Makanan Kue Bingka Ubi"

Posting Komentar

Apa Komentar Anda?